anni-sanni.com

Mengenal Permainan Roulette

Fakta Menarik Tentang Sistem Pendidikan di Rusia

Fakta Menarik Tentang Sistem Pendidikan di Rusia

Pendidikan yang ada di Rusia disediakan oleh Negara dan kemudian diatur sepenuhnya oleh departemen pendidikan Federal. Tingkatan pendidikan di setiap negara pasti akan memiliki kesamaan dengan negara-negara lainnya, mulai dari tingkat dasar pra sekolah hingga dengan tingkat tinggi. Namun, saat ini Rusia menjadi salah satu dari destinasi pendidikan para pelajar internasional. Lalu apa sebenarnya yang menarik dari sistem pendidikan yang ada di Rusia?

Fakta Menarik Tentang Sistem Pendidikan di Rusia

Seperti halnya pendidikan yang ada di belahan dunia yang lainnya, Rusia juga memiliki tingkatan pendidikan yang relatif sama seperti di beberapa negara-negara lainnya, Siapapun pasti tahu jika negara Rusia adalah salah satu dari negara terbesar yang ada di dunia. Negara yang dikenal dengan luasnya, iklim yang dingin, vodka, dan beruang ini menyimpan berbagai macam budaya dan keindahan alam yang sangat menarik bagi para wisatawan asing.

Rusia juga menjadi salah satu negara destinasi bagi para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan mereka. Soal sistem dan kurikulum pendidikan, Rusia tentu hal tersebut sudah tidak diragukan lagi. Apabila anda tertarik melanjutkan kuliah ke Rusia, berikut ini adalah fakta-fakta menarik sistem pendidikan di Rusia.

Pendidikan Pra-Sekolah

Menariknya, di Rusia pendidikan Prasekolah akan dibagi menjadi dua tingkatan yang diklasifikasikan menurut umur dari siswanya. Pendidikan pra sekolah yang akan dimulai dengan playgroup yang diikuti oleh anak usia 1-3 tahun, sedangkan taman kanak-kanak (TK) yaitu untuk usia 3-6 tahun.

Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah merupakan pendidikan yang wajib yang diselenggarakan oleh Negara. Pendidikan dasar yang ada di Rusia memiliki fakta menarik dimana berlangsung selama 9 tahun dengan dua tingkatan yaitu 4 tahun sekolah dasar dan dalam 5 tahun sekolah menengah utama.

Pendidikan Lengkap Sekunder dan Kejuruan

Setelah peristiwa nantinya menyelesaikan dasar, para siswa memiliki dua pilihan melanjutkan ke jenjang pendidikan lengkap sekunder atau ke dalam bidang kejuruan. Pada pendidikan lengkap sekunder, siswa nantinya harus dapat menyelesaikan pendidikan selama dua tahun untuk mendapat sebuah sertifikat. Setelah itu siswa dibolehkan untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi atau sebuah universitas dengan sertifikat yang diperolehnya tersebut.

Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi di rusia ini nantinya akan dapat diikuti oleh lulusan dari pendidikan lengkap sekunder ataupun juga lulusan dari kejuruan. Secara umum tingkatan pendidikan di Rusia ini juga sama dengan pendidikan yang ada di negara-negara lainnya di dunia. Namun demikian disana kita akan dapat menemukan beberapa hal menarik lainnya dari sistem pendidikan di Rusia.

Kota Pendidikan Rusia

Seperti halnya di Indonesia, dimana kota Yogyakarta yang berhasil mendapatkan sebuah predikat sebagai kota destinasi pendidikan. Di Rusia Tomsk adalah salah satu dari kota di Rusia yang cukup dikenal sebagai pusat dari pendidikan dan juga penelitian ilmiah.

Di kota Tomsk setidaknya memiliki 6 Universitas negeri tertua dan juga mempunyai sebuah perpustakaan bernama Pushkin Library yang menyediakan koleksi langka dari literatur Rusia. Hingga pada saat ini ada lebih dari 100.000 siswa yang menempuh pendidikan di kota Tomsk, maka tidak salah jika di Tomsk juga menyediakan berbagai asrama berkualitas tinggi dengan harga yang cukup terjangkau serta transportasi yang terintegrasi satu sama lainnya.
Tingkatan Sekolah

Tingkatan sekolah yang ada di Rusia relatif sama dengan negara lainnya yang ada di Dunia. Hanya saja dalam menyelesaikannya di tiap tingkatan memiliki peraturan yang perbedaan. Untuk sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di Rusia akan ditempuh dalam waktu 4 tahun dengan waktu belajar yaitu sekitar 4-5 jam belajar per hari. Sedangkan untuk SMP yang akan ditempuh 5 tahun dengan jam belajar sekitar 5 – 8 jam belajar per hari. Sementara untuk SMA, akan ditempuh sekitar 2 hingga 3 tahun.

Biaya hidup dan kuliah di Rusia

Umumnya, biaya pendidikan dan juga biaya hidup akan menjadi pertimbangan utama untuk dapat memilih negara tujuan pendidikan di luar negeri. Bila dibandingkan dengan negara-negara yang ada di kawasan Eropa lainnya, biaya hidup dan biaya kuliah yang ada di Rusia terbilang lebih murah. Inilah salah satu alasan mengapa Rusia menjadi negara destinasi bagi para pelajar internasional untuk dapat melanjutkan pendidikannya. Bahkan beberapa universitas yang ada di Rusia memberikan diskon biaya kuliah bagi mereka para pelajar yang berprestasi dan juga memberikan sebuah beasiswa penuh bagi pelajar internasional.

Beasiswa pemerintah Rusia

Pelajar internasional maupun pelajar asli Rusia memiliki sebuah kesempatan yang sama untuk mendapatkan sebuah beasiswa. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut baik mereka seorang pelajar internasional maupun juga pelajar asli Rusia harus melalui serangkaian ujian masuk terlebih dahulu yakni Uniform State Examination (EGE).

Mengadopsi sistem pendidikan Eropa

Semenjak Rusia bergabung di dalam Perjanjian Bologna, sistem pendidikan kampus pun juga menjadi sebuah hal yang ikut diperbaharui. Dengan begitu, kini gelar dan kualifikasinya yang sama dengan standar yang diterapkan oleh beberapa universitas-universitas lainnya yang ada di Eropa.

Meski tidak direncanakan untuk seluruh bidang studi di sana seperti halnya program Spesialis untuk Kedokteran dan juga jurusan Teknik. Sebagian besar universitas yang ada di Rusia menerapkan tingkat Bachelor selama 4 tahun dan juga tingkat Master selama 2 tahun.

Teknik pendekatan dalam pendidikan Rusia

Dalam sistem pendidikan yang ada di Rusia, untuk tugas praktek akan lebih banyak dibandingkan dengan pemberian untuk materi di dalam kelas. Dalam penilaian pun juga akan dinilai berdasarkan pada tingkat pengetahuan hasil ujian dan juga melalui seluruh proses belajar, termasuk dalam penentuan kelulusan di sebuah universitas, ditentukan dari skripsi dan juga nilai seluruhnya mahasiswa.

Klasifikasi murid

Tahukah anda, jika sekitar abad ke-17 para guru yang ada di Rusia mengklasifikasikan muridnya ke dalam 3 kelompok. Kelompok pertama untuk mereka yang baik, jujur, dan juga bisa diandalkan. Kelompok kedua terdiri dari average students, yakni mereka murid yang biasa-biasa saja dan juga cukup baik.

Sedangkan kelompok ketiga adalah kalangan murid underrated yang cukup nakal, malas, dan punya kebiasaan buruk. Meskipun diklasifikasikan, mereka tentu tidak akan dibedakan kelasnya. Sistem ini pernah berlaku di sekolah pedesaan hingga sekitar separuh abad ke-19 dan kini sudah jarang diterapkan di sekolah-sekolah modern.

Meraih posisi Top 10

Melansir dari Study.EU Country Ranking 2018 negara Rusia yang berhasil menduduki posisi ke-5 berdasarkan dengan daya tarik pelajar internasional. Hal tersebut yang merupakan prestasi yang membanggakan mengingat tahun 2017 Rusia yang berhasil berada di posisi ke-6 dan kini sudah berada di Top 5.

Posisi tersebut dihitung dengan mengkombinasikan kualitas pendidikan, biaya hidup & kuliah, serta kualitas hidup dan karier. Bisa dipastikan jika negara Rusia memang punya sistem pendidikan dan kurikulum yang cukup mumpuni.

Demikian itulah beberapa fakta menarik tentang sistem pendidikan yang ada di Rusia. Sistem pendidikan yang ada di Rusia ternyata menjadi incaran bagi para pelajar internasional. Karna sistem pendidikannya tidak diragukan lagi membuat negara ini selalu ramai dengan para mahasiswa study. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang Rusia. Terimakasih.