anni-sanni.com

Keunikan dan keragaman dari masyarakat di Rusia

Souvenir Unik Ini Cuma Ada di Rusia

Souvenir Unik Ini Cuma Ada di Rusia

Oleh-oleh menjadi salah satu dari hal yang wajib akan kita beli jika berkunjung ke sebuah negara. Selain sebagai sebuah hadiah yang diberikan kepada teman-teman, oleh-oleh yang kita beli pun dapat menyimpannya sebagai kenang-kenangan di negara tersebut. Biasanya souvenir seperti halnya gantungan kunci atau magnet kulkas menjadi beberapa oleh-oleh favorit para pelancong.

Souvenir Unik Ini Cuma Ada di Rusia

Sebelum anda nantinya membeli oleh-oleh, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai barang apa yang nantinya dapat mencerminkan ciri khas dari negara-negara yang dikunjungi. Dengan begitu, oleh-oleh tersebut akan selalu membuat anda menjadi teringat akan perjalananan tersebut. Terlebih lagi jika anda pergi ke Rusia. Negara tersebut memiliki banyak barang-barang unik yang nantinya dapat anda jadikan sebagai hadiah sepulang dari sana. Jika anda bingung membeli oleh-oleh apa dari Rusia, berikut ini souvenir unik yang nantinya bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Rusia.

Selendang Pavloposadskie

Bukan hanya Indonesia saja yang mempunyai batik sebagai kain tradisional. Tidak kalah dengan Indonesia, orang Rusia yang juga mempunyai sebuah syal yang disebut dengan nama Pavloposadskie. Sesuai dengan namanya, syal atau selendang Pavloposadskie ini berasal dari sebuah kota di Rusia yang bernama Pavlovsky Posad.

Beda dengan selendang atau syal biasanya digunakan, Pavloposadskie ini memiliki berbagai motif bunga yang khas dan dibuat dengan menggunakan berbagai macam jenis kain mulai dari wol, sutra, katun ataupun linen. Meski saat ini sebagian orang Rusia menganggap jika Pavloposadskie sudah ketinggalan jaman, namun anda nantinya masih bisa menemukan kain cantik ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Rusia.

Dulunya, orang Rusia suka sekali menggunakan kain ini untuk melengkapi busana mereka. Selain digunakan sebagai penutup kepala, Pavloposadskie juga dipadukan dengan berbagai gaun atau mantel musim dingin untuk menjaga tubuh agar nantinya tetap hangat meski dibawah hujan salju.

Satu set perlengkapan minum teh Porcelain

Selain vodka, orang Rusia juga adalah orang-orang yang sangat suka minum teh. Ritual minum teh bahkan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Orang Rusia yang mengimpor teh dari China, bukan hanya tetapi juga mereka mengimpor perlengkapan minum tehnya seperti cangkir dan juga teko porselen dari negara tersebut.

Hingga akhirnya seorang insinyur bernama Dmitry Vinogradov berhasil menemukan sebuah formula untuk memproduksi sebuah porselen secara mandiri. Untuk mempercantik tampilannya, pada akhir tahun 1940 perlengkapan minum teh berbahan porselin ini kemudian dilengkapi dengan berbagai pola jaring kobalt yang kemudian menjadi ciri khasnya hingga saat ini.

Jika anda nantinya berkunjung ke Kota St. Petersburg di Rusia, maka jangan lupa untuk membeli sebuah set perlengkapan minum teh porselen ala keluarga kerajaan. Meskipun harganya memang agak mahal, tapi harga tersebut akan tetap sebanding dengan kualitasnya, lagi pula perlengkapan minum teh dengan motif pola jaring kobalt hanya ada di Rusia saja dan sangat sulit ditemukan di negara lain.

Coklat Rusia

Belgia dikenal sebagai gudang dari coklat dunia. Di negara ini, anda akan bisa mencicipi aneka jenis coklat berkualitas tinggi. Tapi cokelat bukan hanya ada di Belgia saja, Rusia ternyata juga memiliki coklat enak yang tidak kalah kualitasnya dari negara Belgia. Sebelum revolusi, produsen gula Abrikosov dan Sons telah berhasil menghasilkan 800 varietas coklat populer di Rusia.

Saat ini pun Rusia juga memiliki beragam jenis coklat yang dijual di toko-toko permen di seluruh negeri. Tapi untuk anda yang baru pertama kali datang ke Rusia, dan ragu memilih coklat jenis apa yang nantinya sesuai dengan selera, anda bisa memilih coklat dengan merk “Alenka” dan “Babaevsky”. Kedua merek ini merupakan merk dari coklat paling enak dan populer yang ada di Rusia.

Boneka Matryoshkas

Boneka bersarang atau yang biasa disebut juga dengan nama Matryoshkas dalam bahasa Rusia merupakan sebuah souvenir boneka yang sangat populer. Boneka ini bukan hanya ada di negara asalnya saja, tapi juga sudah di ekspor ke seluruh dunia.

Nama Matryoshkas sendiri diambil dari seorang perempuan bernama “Matryona”. Untuk satu set Matryoshkas terdapat lima atau tujuh boneka yang akan disembunyikan di dalam boneka utamanya yang paling besar. Ada dua jenis Matryoshkas, pertama adalah boneka dengan lukisan yang sederhana dan nantinya bisa anda beli di berbagai toko Souvenir di kota besar Rusia seperti Moskow atau St. Petersburg.

Sedangkan untuk boneka yang kedua adalah boneka Matryoshkas dengan lukisan yang rumit dan cukup indah. Untuk jenis ini anda bisa membelinya di White Nights Company yang ada di St. Petersburg. Beda dengan boneka Matryoshkas yang anda anda temukan di toko souvenir, Matryoshkas di White Nights Company adalah sebuah karya seni bernilai tinggi sehingga harganya akan lebih mahal. Biasanya gambar Matryoshkas berupa karakter dongeng Rusia dengan pakaian tradisionalnya.

Keramik Gzhel

Keramik Gzhel pertama kali muncul yaitu di tahun 1802 di Gzhel, sebuah desa yang ada di pinggiran kota Moskow. Di desa tersebut ada banyak sekali tanah liat yang kemudian dimanfaatkan oleh warga dan diubah menjadi berbagai macam karya seni berupa patung atau alat dapur seperti halnya teko, cangkir, atau piring.

Biasanya Ghzel menggunakan lukisan bertemakan manusia atau hewan. Yang menjadi ciri Gzhel adalah warnanya, biasanya biru dan juga putih menjadi sebuah ciri dari warna khas tembikar Gzhel. Dan meski saat ini anda bisa menemukan Gzhel di beberapa negara, tapi akan lebih baik jika anda langsung membelinya di Rusia.

Kaos kaki Tabani

Kaos kaki Tabani tidak hanya trendy, mereka juga berkualitas tinggi dan dirajut dengan tangan langsung. Kaos kaki unik ini bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh anda. Tabani adalah mereka khususnya yang mendukung para pensiunan di Rusia. Kaus kaki dengan motif cantik ini dirajut oleh para nenek Rusia, tepatnya di daerah Udmurtia yang merasa jika mereka sekarang masih dibutuhkan oleh masyarakat. Merajut juga untuk memberi mereka sejumlah uang tambahan di luar uang pensiun yang nantinya mereka dapatkan. Tiap pasang kaosnya sungguh unik dan harganya tidak lebih dari 300 ribu rupiah.

Pryanik Tula

Sebagai kue rempah yang paling populer di Rusia, pryanik dijual di mana-mana dari Tula itu sendiri hingga di beberapa pasar-pasar swalayan di Moskow. Dahulu, roti jahe ini akan dikirim untuk dicicipi Pemimpin Soviet Nikita Khrushchev, yang menyebutnya sebagai roti terenak. Kue jaha ini juga bisa menjadi oleh-oleh anda saat berkunjung ke Rusia. Pryanik sering kali dijadikan teman minum teh dan sebagai pilihan hadiah roti jahe raksasa dengan taburan gula di atasnya.

Demikian itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh dari agen s128 yang ada di Rusia yang dapat menjadi pilihan anda. Rusia menjadi negara yang ada di kawasan Eropa yang cukup unik untuk di jelajahi, berbelanja oleh-oleh bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat membeli beberapa oleh-oleh yang telah kami rekomendasikan di atas, tentunya teman dan keluarga akan sangat senang dengan oleh-oleh tersebut.