Kenali Lebih Dalam Fakta Roti Karavay, Rusia

Kenali Lebih Dalam Fakta Roti Karavay, Rusia

Di Rusia sana ada terkenal makanan berupa roti yang diberi nama KARAVAY. Dimana roti ini memiliki peranan bagi orang Rusia sana. Dimana biasanya roti ini sendiri disajikan pad acara pernikahan dan juga sampe ke acara pemakaman pun tak luput dari hidangan roti yang satu ini. memang, selama berabad-abad lamanya roti di Rusia menjadi salah satu simbol kesuburan dan juga kemakmuran. Dan dari roti bulat yang biasa di sebut Karavay ini melambangkan Matahri bagi orang di sana.

Baiklah kalau begitu, saat ini waktunya kalian untuk mengenali beberapa fakta roti karavay yang ada di Rusia ini.

Peranan Fakta Karavay Dalam Berbagai Peristiwa

# Acara Pernikahan

Di Rusia sana terdapat tradisi untuk membuat roti karavay untuk pernikahan yang memang amsih berlaku juga hingga sampai saat ini. zaman terdahulu, tugas ini hanya diperuntukkan bagi wanita yang telah menikah dan juga hidup bahagia, yang didalamnya diisi dengan seorang anak yang penurut dengan orang tuanya tersebut. hal ini diperkuat dengan adanya orang Slavia Kuno yang mengatakan bahwa “ Perempuan itu dapat mentransfer kebahagiaan pernikahan untuk pengantin baru dengan adanya Karavay ini”. untuk tugas memanggang, hanya boleh di lakukan oelh sang mempelai pria saja.

Disana dikatakan bahwasannya semakin besar Karavaynya, maka akan semakin besar kemungkinan juga pasangan baru ini untuk menjalani hidup yang bahagia. Dalam sebuah kasus ada yang membuat roti karavay sangat besar, hingga membuat sang koki terpaksa membongkar tungkunya agar dapat mengeluarkan karavay tersebut. untuk karavay sendiri tidak diizinkan untuk digigit, namun untuk dicium sebanyak 3x dan dilakukan pemotongan hanya diperbolehkan dilakukan oleh anbak kecil saja.

# Adanya Pindah Kerumah Baru

Untuk merayakan seseorang yang baru saja pindah ke rumah yang baru, warga di Rusia sana membuat karavay yang sangat besar agar nantinya bisa dinikmati oleh semua tamu yang hadir untuk memberikan selamat kepada yang punya rumah. Untuk adonannya sendiri dibuat langsung oelh kepala keluarga, sementara untuk istri yang gantian memiliki tugas untuk melakukan pemanggangan. Nantinya karavay sendiri akan ditempatkan di tengah meja dan roti tersebut haruslah besar agar nantinya tiap tamu bisa mendapatkan 1 potong roti tersebut. untuk gigitan kecil, nantinya akan sengaja ditaruh di pojokan rumah sbagai penangkal terjadinya hal buruk.

# Acara Pemakaman

Di perjalanan terakhir seseorang pun, masih menghadirkan karavay ini. dimana rotinya dibuat sebelum pemakaman berlangsun dan pada saat penempatan peti jenazxah berlangsung. Nantinya, setelah peguburan, karavay akan dihidangkan dan setiap orang yang menghadiri acara pemakaman tersebut akan mendapatkan sepotong roti tersebut. jika nantinya yang meninggal ialah sang rpia lajang dan juga masih muda, maka roti ini akan diibaratkan sebagai atribut pernikahan yang dimana melambangkan bersatunya lelaki tersebut dengan bumi.

# Acara Di Atas Handuk ?

Sebagai salah satu sambutan tradisional Rusia, nantinya pemilik rumah akan membawa karavay yang ada pada handuk bordir dan akan menawarkannya pada setiap tamu yang hadir. Jika terjadi pada pasangan baru, maka rotinya akan di tempatkan di 2 sisi merah handuk. Dengan nantinya pada bagian tengah kosong dan juga kendur. Karavay sendiri biasanya di bawa oleh ibu, smentara untuk ayah membawa ikon untuk memberkati sang penganti baru tersebut. untuk bordir yang terdapat di handuk juga penting loh, karena disana melambangkan ikatan orang tersebut dengan leluhurnya sana.

# Karavay Rasa Asin

Pada awalnya, hidangan roti ini memang hanya memiliki rasa original yang polos dengan kepangan sederhana di beberapa tempat. Namun, lambat laun kreasi pada hidangan ini semakin berkembang dengan adanya ornamen adonan dan panah kayu yang dipercayai oleh orang Pagan memiliki sautu kekuatan yang mistis. Untuk Beri Arrow Wood dan juga cabangnya akan memberikan simbol cinta serta kebahagiaan. Untuk Botol Garam nantinya akan di tempatkan diatas karavaynya yang memang dihidangkan untuk menyambut para tamu.

Makna yang dimiliki oleh simbol tersebut yakni garam bahwasannya orang yang mendapatkan karavay ini , dapat sebuah kesempatan terakhir untuk melakukan ‘Nasolit” atau bisa dibilang menyingkirkan hal buruk ke orang lain ke pemilik rumah tersebut. atau bisa juga, kepada pasangan yang abru menikah nantinya. Dimana dengan adanya ini saling menunjukkan rasa kepedulian satu sama lainnya.